Sabtu, 26 November 2011

Orientasi PR & Sales


Milang Qori Bashara
S1 Hospitality / C
STIPRAM YOGYAKARTA
Public Relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi atau lembaga umum dan swasta untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang mempunyai hubungan atau kaitan, dengan cara mengevaluasi opini publik mengenai organisasi atau lembaga tersebut, dalam rangka mencapai kerjasama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas. (Wilcox dan Cameron,2006,p.5)
Marketing merupakan orang yang berusaha menjual barang / promosi dengan hanya menarik hati dan menjual citra perusaahan sehingga konsuman dapat tertarik dan mau mengkonsumsi barang yang diproduksi oleh perusahaan.
Sales adalah orang yang menawarkan produk yang dijual dan membuat agar terjadi transaksi sehinggha dapat pemasukan bagi perusahaan.
Kasus :
            Disebuah perusahaan elektronik akan launching produk barunya berupa televisi. Public Relation pada perusahaan tersebut sudah mengiklankan produk televisi tersebut di berbagai media cetak dan sudah memasang banner – banner sebagai media promosinya, kemudian marketing juga beriklan, memasarkan dengan berusaha mendatangi konsumen dengan memperkenalkan produk barunya yang akan dijual. Marketing mendatangi konsumen dengan harapan konsumen mengenal produknya dan tertarik untuk membelinya. Kemudian sales meneruskan pemasaran yang telah dilakukan oleh marketing dengan harapan konsumen mau membeli produk tersebut dan terjadi transaksi. Sehingga menghasilkan pemasukan pada perusahaan tersebut.
Stakeholder internal : orang dalam perusahan yang sangat berkepentingan dalam kemajuan perusahaan. Contoh : Pada suatu perusahaan media cetak para penanam saham dan karyawan sangat berperan penting dalam kemajuan perusahaan tersebut. Penanam saham berperan sebagai donatur untuk fasilitas dan perangkat untukjalannya operasional. Karyawan berperan sebagai operasional untuk memproduksi.
Stakeholder eksternal : orang luar yang berperan penting dalam masa depan dan kemajuan perusahaan. Contoh : Toko / counter yang menjual media cetak yang di produksi oleh suatu perusahaan. Toko / counter tersebut dengan tidak sengaja sudah ikut serta dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan media cetak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar